Jumat, 10 Juli 2009

Rezeki dan usaha

“ Wingko babat.…wingko babat….”……

Terbangun dari tidurku ketika kereta berhenti di Cirebon tepat jam 16.00. Ku dengar sayup-sayup dari luar gerbong para penjual menjajakan berbagai macam makanan dan minuman ringan untuk penumpang kereta dan mungkin ada yang membutuhkannya. Sangat beragam yang ditawarkannya, dari wingko babat, kacang rebus, mie siram, telur asin, juga minuman panas coffe mix, dll.

Ada saja yang membelinya, meskipun kereta Argo Anggrek hanya berhenti 3 menit di stasiun Cirebon. Sementara itu disisi agak kejauhan terlihat ada juga yang hanya meminta-minta.

Dan semua mendapatkan rezekinya masing-masing, sesuai dengan jerih payah dan usaha yang dilakukannya. Subhanallah, begitu mudahnya rezeki itu mengalir bagi siapa saja yang mau berusaha. Rezeki itu datang tidak diduga, dan mengalir ke tujuan yang tidak pernah salah, semua itu tentunya atas izin Allah SWT.

Tak lama kemudian keretapun berjalan, sambil kuperhatikan tingkah laku dan wajah sang penjual yang senang karena dagangannya terjual. Akupun mendo’akan semoga Allah senantiasa mencukupkan rezeki untuk diri dan keluarganya.

Amin.

Seiring dengan berangkatnya kereta, kulihat di TVKA (televisi kereta) ada lagu kesukaan Ade Nadya. Lagu Gelora asmara yang dinyanyikan oleh Derby Romero.


Dalam Al-qur’an, Allah telah berfirman :

“ Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu dan carilah karunia Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung “ Al Jumu’ah 10.
“ …..dan Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya…” Ath-Thalaq 3.

Salam, HJK (foto di kereta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar