Jumat, 30 Desember 2011

Cincin di Jari Manis

Nggak tau gimana awal ceritanya, cincin tanda suatu ikatan perkawinan/ tunangan diletakkan pada Jari Manis.

Cincin dipasang di jari manis sebelah kanan, mempunyai arti ikatan perkawinan. Sedangan cincin dipasang pada jari manis sebelah kiri, diartikan sebagai ikatan sebuah pertunangan (belum syah lagee).

Jika cincin sudah melingkar di jari manis, kita tidak boleh lagi menoleh ke lain hati lain apalagi mendua. Karena cinta kasih sayang sudah terbina, terjalin, terikat dan menyatukan 2 hati yang berbeda dalam sebuah perjanjian yang sudah disepakati secara bersama dengan pihak orang tua dan keluarga.

Nah, saya mau ceritakan dikit kenapa cincin tanda sebuah ikatan kasih sayang diletakkan pada jari manis ?.

Cerita ini saya baca di dalam pesawat, saat perjalanan dari Banda Aceh menuju Jakarta.

Ada mitos yang mengatakan bahwa, ibu jari diartikan mewakili orang-tua, telunjuk mewakili saudara, jari tengah mewakili keutuhan sebuah pernikahan, jari manis mewakili pasangan hidup (suami-istri), dan jari kelingking mewakili keturunan (anak).
Satukan kedua tangan anda dan tekuk jari tengah ke bagian dalam, kemudian 4 jari lainnya dipertemukan ujungnya (lihat gambar).

Permainan dimulai dengan menyatukan semua jari, lalu melepaskannya satu per satu.

Kita mulai saja dari ibu jari, atau yang umumnya orang bilang jempol.

  1. Buka ibu jari anda, yang diibaratkan mewakili orang tua. Karena suatu saat nanti orang tua akan meninggalkan kita. Sehingga, tidak mempengaruhi sebuah ikatan pernikahan yang diibaratkan pada jari tengah. Lalu satu kan kembali ibu jari anda.
  2. Lalu, buka jari telunjuk yang diibaratkan mewakili saudara kita (abang, kakak, adik dll). Mereka akan memiliki keluarga sendiri, sehingga suatu saat nanti akan meninggalkan kita. Jari tengah masih tetap tidak terlepas. Lalu satukan kembali jari telunjuk anda.
  3. Kemudian, buka jari kelingking anda yang mewakili anak-anak. Dan, cepat atau lambat mereka juga akan meninggalkan anda, karena merekapun nantinya akan berkeluarga sendiri. Lalu satukan kembali jari kelingking anda.
  4. Selanjutnya bukalah jari manis anda, letak cincin ikatan pernikahan/ tunangan dipasang. Anda akan merasa sulit untuk melepaskannya, karena jari manis mewakili suami-istri, yang seharusnya tetap terjalin sehidup semati.
  5. Jika Jari manis terlepas, maka jari tengah yang mewakili keutuhan sebuah pernikahan yang suci dan sakral tersebut akan hancur terpisahkan (cerai).
Anda ga percaya ??? Coba deh praktikin.... hhhhh.... cukup di tangan saja, jangan trus praktik langsung nikah... ha haaaa....

Yaaa.... Begitulah konon ceritanya, kenapa cincin sebuah ikatan diletakkan pada jari manis.



Salam,
HJK








5 komentar:

  1. suda dcoba n tyt g mau dpisah si jari manis :-D

    BalasHapus
  2. suda coba, dan bneran jri manis nya nd mw pisahh. heheh. ntr ksi tw tmen2 ahh.
    makasih infonyaa. :)

    BalasHapus