Minggu, 11 Oktober 2009

Gempa lagi !!

Bulan Gempa tanpa henti.

Setelah Kota Padang luluh lantak diterjang gempa, hari ini terdengar lagi gempa di Gunung Sitoli, Sumatera Utara berkekuatan 5,4 SR.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan, gempa tersebut tidak akan menimbulkan gelombang tsunami.

Berdasarkan situs BMKG, gempa tepatnya terjadi pukul 07.59 WIB, Minggu (11/10/2009). Lokasinya terletak di koordinat 0.28 LU - 97.29 BT dengan kedalaman 41 KM.

Pusat gempa berada di 117 km Barat Daya Gunung Sitoli, Sumatera Utara, 134 km Barat Laut Tanah Masa, 229 km Barat Daya Singkil baru, NAD dan 231 km Barat Daya Sibolga, Sumut.

Hmmm…..Peristiwa demi peristiwa telah terjadi dan akan terus terjadi jika kita tidak lagi mensyukuri nikmat yang sudah diberikan oleh-Nya.

Ingat, sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Kita harus yakin itu, karena dalam al-Qur’an surat Al Insyiraah, kalimat itu diulang sampai 2 kali, agar kita menjadi tabah dan iklas menerimanya.

  • "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (Q.S Al Insyiraah: 5-6).

Ya, bersyukur dan tetap bersyukur apapun itu kondisinya.

Karena Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an : “ Barang siapa yang bersyukur atas nikmatKu, maka akan aku tambahkan rizki-Ku kepadamu. Namun barang siapa yang mengingkarinya, sesungguhnya azab-Ku amatlah pedih “.

Semoga hati ini dapat selalu tunduk dan bersujud kepadaNya. Senantiasa bersyukur atas semua nikmat, karunia dan rizki yang diberikan kepada kita. Karena pada hakikatnya, semua ini adalah milik-Nya. Yang sewaktu-waktu bisa saja Allah mengambilnya dari kita, tanpa diberitahu terlebih dahulu.

Dalam menjalani hidup, yang paling baik adalah bermanfa’at buat orang lain. Dan sebenarnya cukup gampang saja sih, gunakan saja aji mumpung.

Saya-pun demikian kok ;

  1. Mumpung masih muda, jadi gunakan masa mudamu sebelum masa tua-mu tiba,
  2. Mumpung masih sehat, jadi gunakan masa sehatmu sebelum masa sakit-mu tiba,
  3. Mumpung masih lapang, jadi gunakan masa lapangmu sebelum masa sibuk-mu tiba;
  4. Mumpung masih berada (kaya), jadi gunakan masa berada-mu (kaya) sebelum jatuh miskin-mu tiba; dan
  5. Mumpung masih hidup, jadi gunakan masa hidup-mu sebelum datang ajal/ mati pada diri kita.

Tentunya, kesemuanya harus dijalankan dalam sikap, perilaku dan pemikiran yang positif. Sehingga kita dapat menjadi manusia yang berguna dan bermanfa’at bagi orang lain.

Salam,

HJK

2 komentar:

  1. wah, lama tdk posting ni pa' HJK.

    iy,ilmu aji mumpung. betul jg y pak.

    oh y,btw sy dengar, di bawen lg ad mslh y pak?
    smoga ad pncerahan ssudahny pak.

    BalasHapus
  2. Ya, didaerah Beji...biasalah, masalah pembebasan lahan dan demo warga terhadap dampak selama pembangunan proyek.
    Nanti jika proyek sudah selesai, mereka pasti suka dan menikmatinya.
    Harga tanah & rumah naik, pemandanganpun jadi semakin indah terlihat. Dari yg sebelumnya hutan, menjadi jalanan yang tertata rapi.

    Salam,
    HJK

    BalasHapus