Minggu, 10 Juni 2012

PDA - Pile Driving Analizer




Pelaksanaan Loading test di Proyek Jalan Tol Bali ini, dilakukan dengan methode PDA (pile driving analyzer) test.

 PDA adalah sebuah komputer yang dapat mengolah data yang diperoleh dari tes dinamis terhadap suatu tiang pancang. Dari test dinamis tersebut diatas, dapat ditentukan bermacam-macam besaran yang terjadi pada tiang, antara lain ; daya dukung ultimit, integritas tiang, gaya maksimum yang terjadi pada tiang, energi yang di transfer.

Pelaksanaan test PDA ini cukup singkat, hanya membutuhkan waktu ± 30 menit saja  untuk 1 titik tiang pancang. Dimulai dari awal saat pengeboran, pemasangan strain transducer, accelerometer, sampai terhubung pada komputer PDA, hingga pemancangan untuk mendapatkan data tiang.

Sebelum pelaksanaan PDA, sebaiknya minta pada pihak aplikator PDA untuk :
1.    Melakukan presentasi, dan
2.    Menyerahkan bukti kalibrasi alat.

Hal ini dilakukan untuk menjamin kemampuan penguasaan personil pihak aplikator dan kebenaran data yang dihasilkan oleh alat PDA tersebut.



Dan sebelum pelaksanaan PDA test di lakukan, diperlukan beberapa informasi sebagi data masukan dalam komputer PDA ; 

     1.    Nama Proyek dan Lokasi titik PDA,
     2.    Tanggal pemancangan,
     3.    Panjang tiang dan diameter tiang,
     4.    Panjang tiang tertanam,
     5.    Jenis tanah hasil borlog,
     6.    Daya dukung tiang ultimate.


Pelaksanaannya cukup mudah dan cepat.
The strain transducer and accelerometer, ditempelkan (dengan cara di bor terlebih dahulu) pada minimal 2x diamater tiang uji dari kepala tiang, dan 2 x diameter dari dasar tanah. Hal ini untuk mengamankan alat transducer dan accelerometer saja.


Jika kepala tiang pecah saat dilakukan PDA, maka posisi letak alat pembaca data tadi tetap aman. Demikian juga jika saat pemancangan terjadi penurunan tiang, maka posisi alat baca terhadap dasar tanah juga tetap aman. Karena menurut pihak aplikator PDA, harga alat transducer dan accelerometer ini sangat mahal.
Regangan dalam tiang dan penurunan relative antara tiang dengan element tanah disekitar tiang akan menghasilkan gelombang akibat reaksi dari element tanah sekitar tiang. Dari pengolahan data-data tersebut diatas dengan menggunakan Case Method, dapat ditentukan bermacam-macam besaran yang terjadi pada tiang antara lain daya dukung ultimit, integritas tiang, gaya maksimum yang terjadi pada tiang energi yang di transfer dan sebagainya.


Untuk selanjutnya hasil PDA akan dianalisa dengan menggunakan CAPWAP. Dalam analisis ini, engineer membuat pemodelan dari tanah dan tiang dalam bentuk kurva dan harus matching dengan kurva yang dihasilkan oleh PDA. Jika kurva matching, engineer akan dengan mudah menganalisa karakteristik tiang, tanah dan interaksinya. CAPWAP juga dapat memperkirakan distribusi dari daya dukung friksi dan ujung/ end bearing.


Salam,
HJK



5 komentar:

  1. kalau gak salah yang pengambil data itu dari geotech engineering indonesia ya.,.,

    BalasHapus
  2. As wr wb.. bung HJK , saya juga seorang kontraktor yg tlh menggeluti dunia sejak 1990. Nah dalam 2 tahun ini saya sdh mulai mendalami agama,sdh bertobat tp saya di persimpangan jalan krna mau beralih ke kerjaan lain susah mndptkan hasil yg sesuai dan juga sy kurang paham benar ilmu lain. Mhn nasehat krna selama ini jika ingin mndptkan kerjaan sy selalu KKN tanpa hal itu sgt sulit dpt kerjaan sdgkan sy udh crndrung cari halal. Sy sdh lebih dari 10 kali NAWAR tanpa bermain di LPSE tp selalu kalah. Nah tlg nasehatnya bisa dpt kerjaan seperti semula tp tanpa KKN krna sy sdh takut sama ALLAH dan hukum negara. Saat ini pndptan menurun drastis krna Bertahan tdk mau KKN. Tlg ya bung hjk ini no hp saya 081379115555 dan 0811851945. Tks salam

    BalasHapus
  3. Benar p'Nurhadi, dr Geotech Eng.
    @p'Nurdin, ada alamat emailnya? ?... Salam.

    BalasHapus