Minggu, 27 November 2011

Semua tunduk untuk kepentingan manusia

Subhanallah, ternyata Allah telah membukakan dan memudahkan segala apa yang kita inginkan. Kita telah diberikan amanat oleh Allah SWT, untuk mengelola sekaligus menjaga seluruh isi bumi ini. Bahkan apa yang ada di langit dan bumi telah ditundukkan Allah, semata-mata untuk kepuasan lahir dan bathin kita.

"Tidakkah kamu memperhatikan bahwa Allah telah menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi untuk (kepentingan) mu dan menyempurnakan nikmat-Nya untukmu lahir dan bathin ... " (Luqman/ 31:20).

Allah telah memberikan ruh, akal, fikiran, nafsu dan bentuk fisik yang paling sempurna dibandingkan ciptaan-ciptaan-Nya yang lainnya. Dan dengan seluruh sifat-Nya pada diri manusia, maka kita telah mampu menciptakan pesawat terbang untuk melintas terbang ke angkasa, menciptakan kapal untuk mengarungi lautan yang luas, dan juga menciptakan alat-alat berat untuk menggali rezeki yang ada dalam perut bumi, semuanya untuk kepentingan kita.

Semua ini tunduk bagi kepentingan manusia, tentunya atas izin-Nya semata.

Melaksanakan sesuatu pekerjaan, jika diawali dengan hati yang ikhlas, niat yang baik, pikiran yang baik, keimanan dan ketakwaan yang baik dan benar pula, insyaallah akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Jika Allah ridho dengan apa yang telah kita lakukan, maka Allah akan membukakan jalan yang benar untuk meraih keberhasilan/ kejayaan dunia dan akhirat.

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka kami siksa mereka sesuai dengan apa yang mereka kerjakan." (al-A'raf/ 7:96)

Jangan bermimpi mengubah seluruh penduduk negeri beriman dan bertakwa dengan sekejap. Berikan contoh yang dimulai diri sendiri, yang insyaallah akan diikuti oleh kelompok yang lainnya, baru kemudian berkembang secara bertahap dan berkembang terus menjadi yang lebih besar.

Ceramah Aak Gym, beberapa tahun yang lalu masih teringat segar dalam pikiran saya.
Jika kita menginginkan suatu perubahan menuju suatu kebaikan, maka lakukan itu dengan 3 M ;

- Mulai dari diri sendiri,
- Mulai dari yang kecil-kecil, dan
- Mulai dari sekarang.



Salam,
HJK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar