Sabtu, 06 Februari 2010

Bekal dari setiap masalah

Alhamdulillah, Akhirnya…..ada waktu juga untuk curhat kembali, setelah lebih dari 1 bulan lamanya tak bercerita.

Sulit sekali memanfaatkan waktu luang hanya untuk sekedar menulis yang terjadi. Waktu begitu sempit dan cepat berlalu. Hampir saja saya terjebak dalam satu masalah pekerjaan di lapangan, padahal masih banyak masalah lain yang harus diselesaikan di lokasi yang berbeda.

(Kondisi Pier 2, Pier 7 dan Pier 8 sebelumnya)

Setiap proyek pasti selalu saja ada masalah, yang berdampak pada kritisnya sisa waktu pekerjaan. Tidak ada pekerjaan sulit yang tidak bisa dikerjakan, namun kendalanya adalah pada sisi waktu yang terbuang tanpa ada prestasi.

Pengerjaan penggalian pile cap jembatan Susukan, khususnya Pier 2, Pier 7 dan Pier 8, begitu sangat menyita perhatian dan waktu, karena lokasi tersebut merupakan garis lintasan kritis dalam schedule pekerjaan Tol Semarang-Bawen.
(foto : pemasangan sand bag saat akan memulai pasangan batu)

Kesabaran terkadang tak terkontrol lagi, bilamana melihat tenaga kerja yang sudah mulai loyo dan kedinginan.

Perasaan kemanusiaan seringkali lepas dari hati, karena memaksa mereka tetap bekerja meskipun dalam kelelahan.

Keikhlasan/ kepasrahan tak lagi ada di qolbu, manakala melihat cuaca tiba-tiba berubah menjadi gelap….lalu hujan…

Ikhtiar sudah dilakukan, namun masalah di lokasi tersebut tidak kunjung usai.

Ya, itulah kelemahan saya sebagai manusia biasa, yang seringkali lalai dan mudah mengeluh.

Namun, dengan pemikiran dan kerja-sama tim, tercapailah kesepakatan bersama. Penggalian pile cap dilakukan secara bertahap, pemancangan sheet pile, batu boulder sebagai counter weight, pemasangan sand bag, pasangan batu sebagai pengganti bekisting pile cap, dan pengecoran setengah pile cap.

Beberapa pekerjaan tidak dapat dilakukan 1 kali jadi, tapi berulang. Karena lokasi pile cap terdapat sumber air dan berada pada patahan tanah clay shale, maka pekerjaan ulang sering kali terjadi. Semisal, pasangan batu ambruk, sand bag jebol, sheet pile tergeser sudah menjadi pekerjaan yang banyak menyita waktu. Terlebih lagi, kedalaman masing galian pier sangat dalam. Untuk kedalaman pier 2 = 15 m, Pier 7 = 14 m dan Pier 8 = 12.5 meter dibawah permukaan tanah existing. Layaknya membuat galian untuk 4 - 5 lantai basement pada lokasi yang sangat sempit. Ditambah lagi lokasi tersebut berada pada bidang longsoran clay shale.

Dan, alhamdulillah….dari 3 pier bermasalah, Pier 8 mendekati selesainya permasalahan. Pengecoran tahap pertama ½ pile cap telah dicor pada hari selasa tanggal 2 Februari 2010 dan ½ sisanya direncanakan pada hari minggu tanggal 7 Februari 2010. Sementara Pier 2 dan Pier 7 masih dalam proses penggalian, yang insyaAllah tidak membuat saya mengeluh lagi. Dan pada akhirnya, setiap kejadian merupakan pelajaran yang baik untuk saya. (pengecoran dimulai cor jam 14.00 selesai jam 00.20)

Maha Besar Engkau ya Allah, yang memiliki Keluasan Ilmu. Baruku sadari, begitulah cara Engkau memberikan ilmu padaku. Ya, begitulah cara Allah dalam meningkatkan derajat kaumnya yang mau berpikir. Diberi-Nya masalah, yang sebenarnya adalah pembelajaran untuk kita jika menghadapi persoalan yang sama. Sehingga, kedewasaan dalam menghadapi setiap persoalan akan semakin meningkat pada diri setiap insan.

Memang tanpa saya sadari sebelumnya, dan yang ada hanya gundah di hati, namun pada akhirnya saya mendapatkan tambahan bekal pengetahuan dari pekerjaan tersebut.

Syukur Alhamdulillah ya Allah, ternyata begitu sayangnya Engkau padaku.
Hanya saja diri ini sering khilaf dan tak sabar dalam penantian.
Lunakkanlah hati ini, dan lembutkanlah tutur kata ini.
Lapangkanlah dada ini dari himpitan perasaan diri.

Ya Allah, Jauhkanlah diri ini dari berprasangka buruk pada Mu.
Terangi selalu hati ini dengan petunjuk-Mu, sehingga mampu terhindar dari perbuatan musrik.
Dan Jauhkanlah diri ini dari perasaan riak, atas segala keberhasilan.

Ya Allah, Bimbing dan ridhoilah setiap langkah yang hamba tempuh…Amin


Salam,
HJK

2 komentar:

  1. pak HJK, insyaallah dalam 2 bulan kedepan saya akan ditugaskan di TMJ.

    smoga nanti kt bs sling berkordinasi.

    jembatan susukan y pak, iy pak, dimana-mana memang kondisi muka air tanah yg tinggi dn clay shale cukup menyulitkan pekerjaan.

    smoga hikmah dn pembelajaran lain diluar mengejar progres prestasi bs didapatkan. amin

    see u soon pak HJK

    BalasHapus
  2. Amin...tks ya pak Saga...Selamat bergabung...

    BalasHapus